Rabu, 26 Maret 2008

Budidaya Ikan Arwana Super Red


Penampilan ikan arwana super red memang mempesona. Sosoknya yang gagah, dengan warna sirip yang terang menyala, menjadikan ikan ini sebagai ikan hias air tawar terfavorit yang banyak digemari masyarakat. Kelebihan ikan arwana super red terletak pada setiap jengkal tubuhnya. Mulai dari sisiknya, mata, sungut depan, sirip hingga ekornya. Tidak heran bila harganya sangat mahal. Untuk ikan anakan ukuran 10 centimeter dihargai tiga setengah juta rupiah. Sedangkan ikan arwana super red dewasa harganya dapat mencapai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Salah satu lokasi pembesaran ikan arwana super red terletak di kawasan Srengseng, Jakarta Barat, yang dikelola oleh Edo Kristianto. Untuk mencapai lokasinya dapat mengambil arah ke Jalan Raya Joglo, Srengseng, Jakarta Barat. Deretan aquarium ini hanya dipergunakan untuk proses pembesaran saja. Sedangkan proses pembenihannya dilakukan di habitat asalnya di Pontianak, Kalimantan Barat. Di tempat ini terdapat sekitar 1.500 ikan arwana super red. Budidaya ikan arwana super red ini telah ditekuni Edo Kristianto sejak tahun 1997 lalu. Berawal dari hobi yang kemudian dikembangkan menjadi usaha yang menguntungkan. Berbagai ukuran ikan arwana super red terdapat disini, namun yang penampilannya menawan dan dapat dinikmati adalah yang berusia diatas satu tahun. Budidaya ikan arwana super red cukup sulit, harus dilakukan di aquarium khusus dengan air yang jernih. Bila air tidak jernih, dapat menimbulkan penyakit jamur yang mematikan.Agar ikan tumbuh sehat, pakannya harus dijaga. Makanannya dapat berupa, kodok, udang, jangkrik dan ulat jerman. Anakan ikan arwana super red yang banyak diperjual belikan umumnya yang berukuran 10 CM. Harganya sekitar tiga setengah juta rupiah. Di tempat ini terdapat beberapa ikan arwana super red unggulan, seperti ikan yang diberi nama petinju terkenal Rocky Balboa. Ada juga yang diberi nama petinju Oscar de Lahoya. Ikan ini pernah memenangkan kontes ikan arwana di Singapura. Semakin dewasa usianya, penampilan ikan arwana super red semakin menawan, seperti ikan yang diberi nama selendang sutera ini. Harganya bisa mencapai 60 juta rupiah per ekor. Untuk menjaga agar tidak dicuri, ikan arwana super red dipasang microchip, yang berisi data asal usulnya.Ikan arwana super red ini tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, tetapi juga diekspor ke Filipina, Taiwan, Thailand, Kanada dan beberapa negara Eropa. Harga untuk pasaran ekspor sekitar 1100 dolar Amerika Serikat per ekor untuk ikan ukuran sedang. Sebelum diekspor ikan arwana super red di karantina dengan ditempatkan di dalam aquarium khusus. Setiap aquarium berisi satu ekor ikan arwana. Ikan ini juga telah dilengkapi microchip yang berisi data-data asal usulnya. Setiap bulannya tidak kurang dari 100 ekor ikan arwana super red diekspor ke luar negeri.Asep Syaifullah & Ahmad Susanto(Helmi Azahari)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

salam kenal pak helmi azahari,boleh saya dapat no kontak pak edo kristianto/alamat lenkapnya ?terimaksih sebelumnya,bagi saya itu sangat berarti sekali bisa via PM di mekararwana@gmail.com

Unknown mengatakan...

salam kenal pak helmi maaf buka lapak di wibsite ini.
jual jangkrik kliring partai besar Rp.50.000 /kg
minat hubungi :
arief :08811358955

Hadi mengatakan...

Salam Kenal Pak Helmi,
Boleh saya tahu nomor kontak dan email pak Edo Kristianto atau alamat lengkapnya? Terima kasih atas bantuan dan perhatiannya.

Rgds,
Hadi

email: hadi.wiseno@gmail.com